Kamis, 22 September 2011

Tugas Serta Peranan Seorang Sekretaris


Tugas Dan Peranan Sekretaris



Secara general peranan sekretaris menyangkut :
1. Terhadap atasan :
;)  Sumber dan filter informasi bagi pimpinan, dalam memenuhi fungsi, tugas dan tanggung jawab.
;)  Assiten/tangan kanan pimpinan dalam mengatur aktivitas perusahaan. Mulai dari administrative sampai human relations.
;)  Perantara bagi pimpinan dan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan.
;)   Alternatif pemikiran dari pimpinan dalam hal penuangan ide-ide.
;) Secret Keeper/pemegang rahasia pimpinan kaitannya dnegan tugas perusahaan.
;)  Mediator pimpinan dengan bawahan.
2. Terhadap bawahan/karyawan :
 ;)  Membantu memberikan motivasi kepada karyawan lain.
 ;)  Mediator antara bahawan/karyawan dengan pimpinan.
 ;) Membantu/memfasilitasi bawahan ketika hendak bertemu dengan pimpinan.
;)  Memberikan rasa puas dan bangga kepada bawahan terhadap hasil kerja mereka.



TUGAS SEKRETARIS

Di banding dengan posisi lain, sekretaris termasuk karyawan yang memiliki multi tugas, di antaranya :
1. Menurut wewenangnya.
·* Tugas rutin. Meliputi pengetikan, making call, menerima tamu, korespondenci, filling, surat menyurat.
·* Tugas instruksi. Meliputi penyusunan jadwal perjalanan, making appointment, pengaturan keuangan, persiapan dan penyelenggaraan rapat, arrange schedule.
·* Tugas kreatif. Meliputi pembuatan formulir telepon, dokumentasi,mengirim ucapan kepada klien, mengatur ruang kantor pimpinan.
2. Menurut jenis tugasnya.
·* Tugas administrasi.perkantoran. meliputi surat menyurat, pembuatan laporan, filling.
·* Tugas resepsionis. Meliputi making call, melayani tamu, menyusul jadwal pertemuan pimpinan.
·* Tugas social. Meliputi mengatur rumah tangga kantor, mengirim ucapan selamat kepada relasi, mempersiapkan respsi/jamuan.acara resmi kantor.
·* Tugas insidentil. Meliputi mempersiapkan rapat,mempersiapkan pidato, presentasi, dan mempersiapkan perjalanan dinas pimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar